Minggu, 22 September 2013

Bab 2 : Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan

A. Kerusakan Lingkungan Alam
     Penyebab kerusakan lingkungan  alam ada dua yaitu :
  1. Akibat peristiwa alam
  2. Akibat ulah manusia
Pada materi hari ini yang akan kita pelajari adalah  kerusakan alam akibat ulah manusia

1.  Kerusakan Hutan 
   Banyaknya hutan yang ditebangi secara besar-besaran untuk dijadikan perkebunan tanaman industri, maupun diambil kayunya, menjadi penyebab utama kerusakan hutan.
Hutan yang gundul tidak dapat menyimpan air. Inilah yang mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor

2.  Pencemaran Air
     Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, masak dll, Hewan membutuhkan air untuk minum dan tumbuhan juga memerlukan air untuk pertumbuhan dan kesuburannya. Air merupakan karunia tuhan yang harus dijaga keberadaan dan kebersihannya. Air yang tercemar dapat membahayakan makhluk hidup yang menggunakannya.
Kebiasaan membuang sampah dan limbah industri secara sembarangan dapat mengakibatkan pencemaran air tanah, air sungai dan air laut.

3.  Kerusakan Hutan Bakau 
     Kerusakan hutan bakau terjadi karena pembangunan tambak yang berlebihan dan pembangunan pemukiman mewah ditepi pantai. Akibat dari kerusakan hutan bakau adalah pantai mudah terkikis, abrasi, kehidupan laut terancam dan hutan bakaupun terancam punah.

B. Kerusakan Lingkungan Buatan
     Sebagaimana lingkungan alam yang dapat rusak, lingkungan buatan pun dapat rusak apabila tidak dijaga dan dirawat. Contoh perbuatan yang dapat merusak lingkungan antara lain :
  1. Membuang sampah sembarangan
  2. Mencoret-coret dinding
Akibat dari perbuatan buruk tersebut adalah lingkungan menjadi tidak nyaman dan tidak sedap dipandang mata

C. Upaya Melestarikan Lingkungan Alam
     Banyak kekayaan alam yang harus kita pelihara dengan sebaik-baiknya agar tidak rsak. Oleh sebab itu ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan.
1. Menjaga kelestarian Air
    Air merupakan salah satu hal yang terpenting bagi hidup makhluk hidup. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga ketersediaan air dan kebersihannya adalah sbb
  1. Menggunakan air sesuai kebutuhan
  2. Tidak membuang sampah di sungai atau saluran air
  3. Melakukan kegiatan penghijauan/ penanaman hutan kembali agar dapat menyerap dan menyimpan air tanah
  4. Air limbah/sisa dari deterjen tidak dibuang langsung ketanah agar air tanah tidak tercemar tetapi diolah menjadi air bersih lagi
2. Menjaga kelestarian Udara
    Udara sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Tanpa udara makhluk hidup akan mati. Udara perlu dijaga kebersihannya. Asap kendaraan bermotor dan pabrik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Upaya untuk mengurangi pencemaran udara adalah :
  1. Melakukan reboisasi/ penanaman hutan kembali
  2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor
3. Menjaga kelestarian tanah 

1. 

0 komentar:

Posting Komentar